Selasa, 21 Juli 2009

Surabaya / Madura - Jembatan Suramadu

Suramadu adalah jembatan kebanggaan nasional. Jembatan ini terbentang melewati Selat madura....Menghubungkan ibukota Propinsi Jawa Timur dengan Pulau Madura. Setelah dibuka hampir seminggu, saya akhirnya bisa juga mencicipi keindahan perjalanan menyusuri jempatan yang membuat saya sangat penasaran ini. Karena tarif lewat sudah diberlakukan, saya tidak mengalami kemacetan berarti. Jembatan ini memberlakukan tarif seperti jalan tol. Saya menaiki motor jadi hanya membayar Rp. 3000,- sekali jalan

Secara sekilas, tidak ada bedanya dengan jalan tol biasa ataupun jembatan pada umumnya.....bedanya adalah, jembatan ini melalui lautan...jarak tempuhnya sekitar 5,1 km...dan perairan yang dilalui jelas lebih dalam daripada sekedar sungai. Angin jauh lebih kencang sehingga dibutuhkan konstruksi khusus. Keunikan lainnya, jalan tol Jembatan Suramadu ini boleh dilalui oleh motor roda dua. Tersedia jalur khusus untuk roda dua dengan pagar cukup tinggi...untuk menghindari motor terguling karena terjangan angin tentunya. Walaupun terdapat pagar pemecah angin, tetapi terkadang jalur motor bisa ditutup saat angin terlalu kencang.

Tidak terlalu sulit bagi saya untuk menemukan daerah Kedung Cowek, daerah pintu masuk Jembatan Suramadu.....Saya bergantian dibantu oleh beberapa orang Surabaya yang menyuruh saya mengikutinya dari belakang. Foto2 di blog ini menggambarkan perjalanan saya mulai dari gerbang tol Surabaya sampai mendarat di Pulau Madura. Agak sulit bagi saya untuk menghasilkan foto bergambar tajam karena saya tidak berhenti sepanjang perjalanan....murni saya jepret memakai tangan kiri saya, sembari tangan kanan menjaga laju Motor Kymco Cevira kendaraan saya. Waktu menunjukkan sekitar jam 4 sore saat matahari berada di ufuk barat.

Masih terlihat ada orang2 melakukan pengerjaan karena jembatan ini memang belum selesai 100%........Kurang 10 menit berlalu dan sampailah saya di Pulau Madura......saya tetap ke utara sebentar sambil menjepret kerumunan orang2 yang sedang makan minum di tenda2 di tepi jalan...... Yah gitu aja ya critanya....saya malas nulis banyak2....datang saja ke sana sendiri.....bye

1 komentar:

  1. Perjalanan yang singkat namun cukup seru. :) Keberadaan Jembatan Suramadu yang berdiri kokoh menandakan suatu perwujudan nyata pembangunan dalam rangka pengembangan wilayah dan peningkatan ekonomi, sekaligus sebagai sarana pemersatu masyarakat serta harmonisasi dua budaya (Jawa – Madura) sebagai aset bangsa untuk saling bergotong-royong membangun negeri.
    Dengan keunikan budayanya, keberadaan Jembatan Suramadu diharapkan mampu menjadi icon atau landmark Jawa Timur yang semakin memperkaya keanekaragaman Indonesia.
    Lowongan Kerja Surabaya

    BalasHapus

If you want to know more....please comment

Tulisan saya mungkin terlalu singkat....Jika ingin tahu lebih detil silakan bertanya....

Jika Anda tidak mempunyai account tertentu, pilih anonim