Selasa, 28 Juli 2009

Kab. Mojokerto - Kec. Trowulan - Gapura Wringin Lawang

Kali ini saya bersama **x*x***x, seorang gadis yang tidak mau disebutkan namanya di blog ini hehehe....menelususri kembali daerah Trowulan, pusat kerajaan Majapahit, cikal bakal nusantara kita tercinta. Kami menyusuri jalanan utama Surabaya - Jombang...dan sampailah ke Trowulan....Terdapat papan nama Gapura Wringin Lawang dan kami terus belok ke kiri...

Taman indah dan gapura bata merah setinggi kira2 15m menjulang megah...saya lantas memarkir si Kymco biru dan mulai mengeluarkan Canon Powershot tercinta dan langsung beraksi..... Awalnya gapura ini dinamai Wringin Lawang (Pintu Pohon Beringin) karena lokasinya diapit oleh 2 buah pohon beringin...tapi saya hanya menemukan 1 saja...tidak tahu yang satunya ke mana......banyak orang menyebut bangunan ini sebagai candi, tapi sebenarnya bangunan ini adalah gapura pintu masuk ke pusat kota Majapahit....tampak di belakang terdapat banyak gubuk2 pembuat bata.....saya simpulkan sendiri bahwa sejak dahulu kala, tempat ini adalah daerah penghasil bata. Dan candi2 di daerah Trowulan dibangun dari bata2 produksi setempat.....Gapura ini sudah dipugar...jadi sebagian batanya sudah tidak asli lagi....bagi saya sih, tetap saja bernilai selama bentuk bangunannya dibuat semirip mungkin dengan aslinya ;)

1 komentar:

  1. Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto,telp :(0321)321922,326991,329669.sms:08563422761

    BalasHapus

If you want to know more....please comment

Tulisan saya mungkin terlalu singkat....Jika ingin tahu lebih detil silakan bertanya....

Jika Anda tidak mempunyai account tertentu, pilih anonim