Rabu, 22 Juli 2009

Kab. Malang - Kec. Turen - Masjid "Tiban"

Wow!!!......itulah yang saya teriakkan ketika mendekati gerbang masuk masjid ini...Menjulang sebuah bangunan megah 10 lantai, berarsitektur sangat khas campuran Jawa dan Timur Tengah...bahkan ada beberapa sisi yang mencerminkan arsitektur Cina...dan pintu gerbang tempat saya berdiri terletak di lantai 3...wow, berarti memiliki lantai di bawah tanah......sebenarnya bangunan masjid ini adalah sebuah pesantren....terletak sekitar 3 km dari pabrik amunisi TNI PT Pindad di Turen Kab. Malang.....Mencari jalan ke masjid ini juga tidak sukar, tinggal mengikuti jalan ke arah Wajak.

Saya menjepret lebih dari 100 foto dan bingung memilih mana yang akan saya upload karena tiap detil memiliki keunikan dan keindahan sendiri..... Saya merasa sangat terbantu oleh keberadaan Bapak dan Ibu Dickry di Pos II.....Beliau dengan senang hati memberikan penjelasan pada saya bahwasanya masjid ini konon disebut masjid tiban karena orang2 kaget dengan keberadaan bangunan masjid megah ini.....secara tiba2...seakan-akan jatuh dari langit. Padahal sesungguhnya pembangunan pesantren ini sudah dilakukan sejak tahun 1980, mulai dari hanya 1 lantai saja.....dan memang kyai pendiri masjid ini tidak membangunnya secara gembar-gembor....tetapi bertahap dan perlahan....Dengan prinsip pendanaan tidak minta-minta, tidak tamak, dan tidak hutang, masjid ini saat ini sudah mencapai 35% dari total pengerjaannya (oow..35% persennya saja sudah megahnya minta ampun, bagaimana jadinya ya....hehehehe). Juga para pekerjanya adalah para santri sendiri, manual dengan tangan tanpa alat berat sama sekali....arsiteknya tak lain adalah Bapak Kyai Yahya pimpinan pesantren ini sendiri...Ibu Dickry juga menambahkan bahwasanya tempat ini terbuka bagi umum dari berbagai kalangan agama apapun, bahkan bapak kyai bersedia membantu mencarikan solusi jika ada tamu2 yang memiliki masalah pribadi.

Perjalanan memasuki masjid ini bagaikan memasuki sebuah istana dengan berbagai jenis ruang2...ada yang seperti aula megah, ada yang seperti hall sebuah hotel, ada yang seperti lorong2 (saat saya masuk masih belum ada penerangan di lorong2 ini jadi gelap gulita...seperti petualangan prince of persia memasuki istana) bahkan yang membuat saya terbelalak adalah keberadaan kolam renang dan lift di dalamnya... :) .... Jadi rugi jika anda tidak berkunjung ke sini :)

4 komentar:

  1. sekitar september 2011 saya kesitu. Sudah jauh lebih menawan dari apa yang sobat posting disini. Coba agan update fotonya . . .
    salam blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak.... belum sempat ke sana lagi.....salam blogger..

      Hapus
  2. ALAT BERAT APA YG DIPAKAI MEMBANGUN MESJID INI

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak memakai alat berat Pak.... pakai alat2 manual... itu di foto kedua kalau diperbesar kelihatan orang2 yang sedang memanjat dan membangun....

      Hapus

If you want to know more....please comment

Tulisan saya mungkin terlalu singkat....Jika ingin tahu lebih detil silakan bertanya....

Jika Anda tidak mempunyai account tertentu, pilih anonim